Program Startup Di Indonesia

Adanya program startup di Indonesia seperti Inkubator atau Akselerator, memang diperlukan untuk menunjang kesuksesan perusahaan rintisan itu sendiri.

Nah, sebagai pebisnis tentunya sangat penting bagi kalian untuk tahu apa sajakah program startup di indonesia yang diberikan oleh pihak pemerintah maupun swasta tersebut.

Lantas apa sih sebenarnya istilah startup, serta apakah efek yang didapatkan oleh perusahaan setelah mengikuti program inkubator dan akselerator? 

Ketahui informasi lebih detailnya dengan membaca artikel bprnusamba-ngunut.co.id kali ini sampai habis.

Startup tuh dapat diumpamakan dengan tunas yang masih dalam proses  pertumbuhan, karena pada saat itulah kalian butuh waktu yang ekstra untuk memastikan ia tumbuh berkembang.

Dan biasanya perusahaan yang merintis seperti itu masih dilema dalam menentukan layanan atau produk mana kah yang ingin difokuskan.

Ya, pasti kalian juga tahu lah bahwa membangun usaha tuh tidak semudah yang dibayangkan walaupun sudah banyak anak muda yang melakukannya.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa ada berbagai macam hal yang dicemaskan saat pertama kali memulainya, kan?

Itu juga yang sebelumnya dirasakan oleh pengembang dari perusahan – perusahaan besar yang ada di seluruh dunia guys. 

Tapi ngomong – ngomong soal inkubator dan akselerator, pasti kalian bingung dan  bertanya – tanya deh apa efek yang diterima oleh para pesertanya.

Sebenarnya banyak sih, diantaranya mempelajari cara mengatur strategi untuk pemasaran setiap produk atau model bisnis yang mau dikenalkan kepada masyarakat luas.

Sampai dengan melakukan hal – hal detail seperti penyempurnaan setiap konsep, dan tak lupa mereka juga akan memahami panduan dalam mengembangkan sumber daya yang dimiliki.

Persoalan tersebut juga sangat penting untuk diketahui oleh setiap startup yang ingin usahanya sukses layaknya perusahaan ternama.

Karena kan pesaing sesama startup gak bisa dipungkiri juga kalo jumlahnya ada banyak. 

Baca Juga : Dana Mod Unlimited Saldo

Fungsi Inkubator Dan Akselerator Terhadap Startup

Fungsi Inkubator Dan Akselerator Terhadap Startup

Program inkubator sendiri biasanya akan berlangsung sekitar enam bulan bahkan lebih, sedangkan akselerator hanya sekitar tiga bulan.

Namun juga masih bisa lebih dari itu, ya kami sendiri belum bisa memastikannya karena semua tergantung seberapa cepat proses tersebut dilakukan.

Inkubator sendiri memiliki beberapa fungsi khusus yang perlu kalian ketahui, beberapa diantaranya adalah :

  1. Koneksi Antar Investor

Biasanya melalui program inkubator akan ada investor – investor yang mencari sebuah perusahaan untuk mereka danai.

Tapi balik lagi, mereka juga akan melihat bagaimana perkembangan di dalam perusahan atau startup tersebut akan bisa mengetahui langkah selanjutnya yang harus diambil.

Maka dari itu, selaku pengembang dari startup tadi sudah sepatutnya buat kalian memberikan inovasi yang baik agar banyak investor yang tertarik.

  1. Perolehan Ide Kreatif

Jika banyak belajar dari para mentor profesional dan mendapatkan ilmu – ilmu baru, pasti dengan sendirinya ide kreatif akan muncul di benak kalian.

Sehingga dari situlah kalian dapat memantapkan konsep, produk serta layanan yang nantinya diberikan kepada masyarakat.

  1. Ekosistem Sumber Daya

Memperhatikan ekosistem sumber daya juga merupakan hal yang tidak kalah penting untuk kalian ketahui.

Nah, dengan adanya program inkubator ini kalian akan belajar bagaimana caranya mengatur sumber daya pada sebuah perusahaan.

Akselerator juga gak menarik dari program inkubator yang kami jelaskan tadi, fungsinya sendiri mencakup :

  • Memberikan edukasi terhadap para pendiri perusahaan rintisan dalam menjalankan bisnisnya.
  • Memberi motivasi dan pemahaman terkait konsep yang ingin dibangun oleh setiap startup tersebut.
  • Memfasilitasi startup dengan batuan dana, mobilitas, hingga beberapa jangkauan lainnya.
  • Dan masih banyak lagi.

Top 7 Daftar Program Startup Di Indonesia Terbaik!

Top 7 Daftar Program Startup Di Indonesia Terbaik!

Jika bisa memahami dengan baik satu persatu fungsi dari program inkubator atau akselerator tadi, lalu langkah berikutnya yakni dengan mengetahui nama – nama dari program tersebut.

Yaps, ini merupakan bagian yang selain ditunggu – tunggu juga gak kalah berpengaruh ya buat kelangsungan startup kalian.

Karena dari sinilah semua fungsi hingga peranan diatas akan kalian dapatkan lebih mudah, ingin tahu apa saja sih daftarnya? 

Let’s check it out! 

Merah Putih Incubator

Merah Putih Incubator merupakan satu dari sekian banyak program inkubator yang menyediakan fasilitas cukup lengkap.

Seperti : 

  • Memberikan modal untuk mendukung startup digital.
  • Membantu startup dengan sumber daya yang berguna dan panduan praktis.
  • Membawa pengalaman industri, operasi, dan investasi yang luas ke dalam proses.

Kolaborasi

Kolaborasi adalah program inkubasi yang telah berdiri sejak tahun 2013 dan sudah berhasil membantu beberapa startup. Disini mereka menyediakan penawaran menarik berupa :

  • Mitra kerja yang berdedikasi, dan bekerja dengan waktu yang disepakati.
  • Informasi seputar perencanaan, pengelolaan, dan pelaksanaan aktivitas yang diperlukan untuk mencapai target pencapaian.
  • Kalian juga akan mendapatkan praktik, jaringan, dan struktur kerja terbaik yang dikumpulkan dalam 8+ tahun terakhir kami membangun bisnis tahap awal di berbagai industri.

Skystar Ventures

Ini adalah program yang berfokus oleh beberapa hal terkait multimedia, karena Skystar Ventures juga bekerja sama dengan Kompas Gramedia Group dan Universitas Multimedia Nusantara (UMN).

Contoh inkubasi yang mereka berikan diantaranya :

  • Akses ke Bakat, Skystar Ventures menyediakan akses anggota kami ke mahasiswa tingkat atas dan lulusan baru.
  • Kolaborasi, Perluas jaringan kalian dengan para profesional dan pendiri yang berpikiran sama dari berbagai industri.
  • Jaringan Strategis, Menghubungkan kalian dengan mitra strategis lokal dan internasional di sektor pemerintahan, media dan pendidikan.

1000 Startup Digital

1000 Startup Digital adalah program yang didukung oleh pemerintah, dan mempunyai target untuk mengenalkan 200 startup setiap tahunnya.

Fokus program mereka sendiri sebenarnya untuk mendorong terwujudnya ekosistem startup yang bisa memberikan pengaruh atau solusi terhadap permasalahan para muda mudi bangsa melalui teknologi digital.

Google for Startups

Google for Startups memiliki misi untuk mendukung komunitas startup yang berkembang, beragam, dan inklusif di seluruh dunia.

Nantinya mereka akan memberikan fasilitas berupa mentoring yang akan menghubungkan startup dengan orang, produk, dan praktik terbaik yang tepat untuk membantu startup tersebut berkembang.

Ini juga menjadi salah satu program akselerator yang memiliki proses cukup cepat yakni dalam kurun waktu tiga bulan saja.

IDX Incubator

Bagi startup yang ingin mempercepat perkembangan usahanya, maka program akselerator yang satu ini bisa menjadi salah satu pilihan.

Program IPO yang sudah dibangun adalah sebagai berikut :

  • Pelatihan yang dibuat khusus : Kami memahami kebutuhan setiap perusahaan akan berbeda. Sehingga kami akan menyesuaikan pelatihan agar sesuai dengan kebutuhan startup untuk IPO.
  • Pendampingan Intensif : Mempersiapkan IPO terkadang membutuhkan banyak usaha dan strategi. Kami juga telah menyediakan mentoring satu-satu dengan para profesional yang akan membantu perusahaan secara intensif dalam mempersiapkan IPO.
  • Panduan IPO : Menemukan penjamin emisi yang tepat untuk IPO adalah kuncinya. Kami akan membimbing dan mempertemukan perusahaan dengan penjamin emisi yang tepat dengan profesi pendukung.

Indigo Incubator

Program inkubator dari Telkom yang sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat, yaitu Indigo Incubator. Bagi bisnis atau startup yang sudah dipilih nanti bisa mengikuti inkubasi dibeberapa kota seperti Jogja, Bandung dan Makassar.

Biasanya mereka akan membuka kali pendaftaran setiap tahunnya, dan sebelum masuk ke dalam program tersebut kalian akan dikasih beberapa pelatihan khusus.

Tak hanya itu aja tapi startup tersebut juga akan diberikan pendanaan awal oleh Indigo Incubator ini dan sejumlah bimbingan lainnya deh.

Peran Program Inkubator & Akselerator Dalam Membangun Startup

Peran Program Inkubator & Akselerator Dalam Membangun Startup

Untuk mempercepat proses membangun startup yang kalian miliki, satu diantaranya dengan mengikuti program inkubator maupun akselerator guys.

Lalu apakah peranan dari diadakannya program tersebut?

  • Perluasan Networking, dengan mengikuti program inkubator maupun akselerator tadi startup yang dimiliki akan mempunyai jaringan yang lebih luas terutama dengan para investor. Dengan jaringan tersebut akan lebih banyak kesempatan serta perluang startup untuk berkembang.
  • Customer Validation, ini juga tidak kalah penting karena kalian bisa mendapatkan ide – ide dari keluhan atau kritik yang diberikan oleh para customer.
  • Peluang Media Meliput, bila banyak media yang meliput maka startup yang sedang kalian jalani bisa berkembang lebih cepat daripada sebelumnya.

Itulah informasi terkait beberapa Program Startup Di Indonesia yang bisa kalian pelajari, harap simak dengan baik penjelasannya agar kalian dapat mengaplikasikan nya dengan benar!

Baca Juga : ID Tesco Apk Penghasil Uang